Minggu, 04 Maret 2012

Tips Berlibur Murah

Uang yang terbatas bukan berarti liburan juga harus dibatasi. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk tetap berlibur meski kantong sedang tipis.

Meski dana yang dimiliki tidak terlalu besar, kita tetap bisa menikmati liburan dengan menyenangkan. Ada ko tips berlibur dengan uang pas-pasan yang disusun
 

1. Gunakan angkutan umum termurah

Karena uang pas-pasan kini saatnya liburan dengan menggunakan angkutan umum. kita bisa memilih alternatif transportasi lain, misalnya kereta, bis, atau kapal ferry. Masing-masing angkutan umum tersebut tergolong murah dan mudah ditemui. Selain bisa menghemat pengeluaran, kita juga bisa mengenal banyak orang baru yang ditemui di sepanjang perjalanan. Siapa tahu kenalan baru Anda bisa menunjukkan tempat-tempat liburan yang asyik dan terjangkau kantong. Asyik kan?

2. Menginap di tempat teman atau saudara

Memiliki saudara atau teman yang tinggal di luar kota jadi keuntungan tersendiri bagi yang senang traveling. Dengan begitu, kita bisa menginap di rumah saudara.

Harga penginapan murah kira-kira Rp 150.000 per malam, bayangkan berapa yang bisa Anda hemat jika menginap di rumah teman atau saudara selama 3 hari.

3. Siasati pengeluaran makan
Jika selama ini kita menganggapmakan di restoran fast food sudah cukup murah, coba dulu makan di tempat lain, misalnya di warteg atau warung makan kaki lima yang tersebar di pinggir jalan. Tempat makan ini jauh lebih murah dari restoran fast food. Biasanya warung makan kaki lima selalu menyediakan minum air putih atau teh tawar hangat, gratis. Lumayan........ ?

Tapi jangan lupa ya,,,, erhatikan kebersihan dan makanan di warung. Lihat baik-baik apakah banyak lalat yang berkeliaran atau apakah makanan yang disajikan masih dalam keadaan baik. Meski hemat, kan tetap harus memperhatikan kesehatan.

4. Kunjungi tempat wisata yang gratis

Berwisata tidak harus ke tempat yang memiliki tiket masuk mahal. Pantai, pura, taman, gunung, air tejun dan taman kota juga bisa jadi variasi tempat wisata gratis lainnya untuk bahan pilihan loh

5. Urungkan niat belanja Anda

Dengan uang yang pas-pasan, sudah semestinya kata belanja dicoret dari daftar kegiatan, ingat, uangnya terbatas. Hal ini juga berpengaruh dengan oleh-oleh. Karena kantong tipis, ga perlu membeli oleh-oleh. Jika tetap merasa tidak enak dengan keluarga dan teman di rumah, boleh degh beli oleh-oleh yang banyak namun murah seperti kerupuk atau keripik.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar